Tema 9 Subtema 2 PB 6
Tema 9 Subtema 2 PB 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang disekitarnya, siswa dapat menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
Materi Pembelajaran :
Kerja sama dalam Melaksanakan Kewajiban Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam
Wawancara tentang Pelestarian Sumber Daya Alam
Pendalaman Materi :
Kerja sama dalam Melaksanakan Kewajiban Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam
Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan bermasyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.
Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.
Bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya.
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.
2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LDMH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.
Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Hidup aman terhindar dari bencana alam.
2. Hasil alam yang melimpah.
3. Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaaatkan sumber daya alam.
6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.
Matematika (Sudut)
Mengukur Sudut dengan Busur Derajat
Alat untuk mengukur sudut secara baku dinamakan busur derajat. Sudut dilambangkan dengan simbol “<“. Bentuk busur derajat adalah sebagai berikut.
Unsur-unsur busur derajat adalah sebagai berukut.
1. Memiliki bentuk setengah lingkaran.
2. Mempunyai titik pusat, yaitu perpotongan garis mendatar dengan garis tegak lurus (90).
3. Terdapat dua skala, yaitu bagian bawah dan bagian atas.
4. Skala bagian bawah dibaca dari kanan ke kiri, yaitu dari 0 sampai 180.
5. Skala bagian atas dibaca dari kiri ke kanan, yaitu dengan 0 sampai 180.
Untuk dapat mengukur besarnya sudut dengan menggunakan buaur derajat, perhatikan contoh berikut.
Ukurlah sudut ABC di bawah ini dengan busur derajat.
Cara mengukur sudut <ABC :
1. Letakkan pusat busur derajat pada titik sudut B.
2. Kaki sudut (garis AB) berimpit dengan garis besar busur derajat.
3. Kaki sudut (garis BC) akan berimpit dengan skala (angka) pada busur derajat.
4. Angka 60 berimpit dengan kaki sudut, sehingga besar <ABC adalah 60.
5. Jadi, besar <ABC adalah 60.
Komentar
Posting Komentar