Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5
Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan mencari tahu keunikan Kota Tangerang, siswa mengatahui keunikan dari suatu daerah.
2. Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali teks tersebut dan mencermati serta menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.
3. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.
4. Dengan kegiatan mengamati kebersamaan individu di sekolah, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.
5. Dengan mengamati gambar tari Bali dan tari Sumatra, siswa mengetahui ciri-ciri gerak tari Bali dan tari Sumatra.
6. Dengan kegiatan berdiskusi tentang kegemaran, siswa mengetahui keragaman kegemaran teman sekelasnya beserta manfaatnya.
7. Dengan kegiatan membaca cerita rakyat, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan menuliskan tokoh-tokohnya.
Materi Pembelajaran :
Karakter Tokoh pada Teks Fiksi
Sebuah cerita dapat kita nikmati ketika kita mengenak tokoh cerita serta memahami jalan cerita dari awal hingga akhir. Cara untuk memahami sebuah cerita, dapat dilakukan dengan membagi cerita menjadi bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir secara cepat. Lalu, kita harus mencari kalimat atau kata kunci, maka kita akan lebih mudah menyimpulkan isi cerita. Kamu dapat menuliskan nama-nama tokoh pada selembar kertas untuk memudahkanmu mengingat tokoh dalam cerita. Cerita dengan tokoh tunggal, lebih mudah dipahami isinya karena kota hanya fokus pada jalan ceritanya tanpa harus mengingat banyak nama tokoh.
Jenis-jenis Pekerjaan terkait Kegiatan Ekonomi
Berikut adalah macam-macam kegiatan ekonomi.
1. Produksi, kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Pelaku dalam kegiatan produksi disebut produsen.
2. Distribusi, kegiatan menyalurkan atau mengantarkan barang dan jasa dari tempat produksi kepada konsumen. Pelaku dalam kegiatan distribusi disebut distributor.
3. Konsumsi, kegiatan menggunakan atau memanfaatkan nilai guna barang atau jasa. Pelaku dalam kegiatan konsumsi disebut konsumen.
Keragaman Individu di Sekolah
Saat di sekolah, kamu mengenal banyak orang, seperti kepala sekolah, para guru, karyawan tata usaha, penjaga sekolah, serta teman-teman. Setiap orang memiliki karakteristik individu yang berbeda. Begitupun dengan karakteristik yang dimiliki oleh teman-temanmu. Keragaman karakteristik individu ini meliputi keragaman fisik, sifat, agama, dan juga asal daerah.
Ciri-ciri Gerak Tarian dari Bali dan Sumatera
Setiap tarian daerah memiliki ciri khas. Tarian dari daerah Bali memiliki gerakan yang dinamis. Tarian ini menggerakkan seluruh anggota tubuh. Salah satu contoh tarian dari daerah Bali, yaitu Legong dan Pendet.
Sementara itu, tarian dari daerah Sumatera juga memiliki ciri khas. Tarian tersebut memiliki gerakan yang cepat dan lincah. Tarian ini umumnya lebih menekankan gerakan-gerakan kaki atau tangan. Contoh tarian Sumatera, yaitu tari Saman dan tari Piring. Tari Saman dilakukan dengan gerakan yang cepat dan lincah. Keseragaman gerak dan suara tangan bertepuk membuat tari Saman menjadi lebih menarik.
Tokoh Protagonis dan Antagonis dalam Teks Fiksi
Setiap cerita memiliki alur, latar, dan tokoh yang berbeda-beda. Ketiga hak tersebut membuat cerita menjadi enak dibaca. Alur cerita memengaruhi panjang pendeknya sebuah cerita. Latar menggambarkan lokasi dan waktu cerita tersebut. Sementara itu, kamu juga dapat mengetahui sifat para tokoh melalui kalimat-kalimat dalam cerita tersebut. Selain cerita fiksi, cerita rakyat juga memiliki tokoh. Cerita rakyat biasa disebut legenda. Tokoh dalam cerita rakyat terdiri dari tokoh antagonis dan tokoh protagonis.
Komentar
Posting Komentar