Tema 9 Subtema 2 PB 5 dan Matematika
Senin, 23 Maret
2020
Tema 9 Subtema 2 PB
5
Tujuan Pembelajaran
:
1. Dengan membaca
dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam
dengan penuh kepedulian.
2. Dengan
bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan
tempo dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
Menyanyikan Lagu
Sesuai dengan Tempo dan Tinggi Rendah Nada
Pemanfaatan Sumber
Daya Alam
Pendalaman Materi
Menyanyikan Lagu Sesuai dengan Tempo dan Tinggi Rendah
Nada
Apalah kamu pernah
menyanyikan atau mendengarkan lagu yang bertemakan lingkungan asri? Tahukan
kamu lagu “Memandang Alam”? Lagu tersebut bercerita tentang pemandangan alam
yang sangat indah dan menceritakan lingkungan yang asri. Saat menyanyikannya,
kamu juga harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Ayo, ingat kembali
nada dalam not balok. Ucapkan sesuai dengan urutan yang tepat.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Masih ingatkah kamu
bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah? Sumber daya alam
tersebut dapat menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil
perkebunan, hasil perikanan, dan hasil tambang.
Sumber daya alam kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam
kehidupan sehari-hari. Misalnya, hasil pertanian berupa padi, jagung dan
kacang-kacangan dimanfaatkan sebagai bahan makanan, hasil perkebunan berupa
kopi dimanfaatkan sebagai bahan minuman dan tebu sebagai bahan pembuatan gula
pasir; serta hasil peternakan berupa daging, telur, dan susu dimanfaatkan
sebagai sumber protein hewani.
Latihan!
1.
Mari
dengarkan lagu “Memandang Alam” dengan mengklik link dibawah ini, https://www.youtube.com/watch?v=p9bv-D4LqWk
kemudian jawablah pertanyan berikut.
a. Bagaimana tempo
lagu “Memandang Alam”?
b. Pada bagian mana
lagu dinyanyikan dengan nada tinggi dan nada rendah?
2. Isilah
titik-titik berikut dengan jawaban yang tersedia dalam kotak!
a. Sumber daya alam
yang dimanfaatkan untuk bahan makanan pokok adalah ...
b. Sumber daya alam
yang dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan adalah ...
c. Sumber daya alam
yang dimanfaatkan untuk bahan bakar adalah ...
d. Contoh sumber
daya alam yang dapat diperbarui yang dimanfaatkan untuk bahan perhiasan adalah
...
e. Grafit merupakan
contoh hasil tambang yang dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan ...
Mutiara
|
Pensil
|
jagung
|
Lengkuas
|
Batu bara
|
3. Tuliskan sumber
daya alam (SDA) yang diperoleh dari lingkungan berikut beserta pemanfaatannya!
No.
|
Hasil SDA
|
Pemanfaatan
|
A.
|
|
|
B.
|
|
|
C.
|
|
|
MATEMATIKA
Pengukuran Sudut
A. Sudut
1. Pengertian Sudut
Sudut adalah
daerah yang dibentuk oleh dua buah garis yang memiliki pangkal sama. Kedua
garis tersebut dinamakan kaki sudut, sedangkan pangkal (titik pertemuan
kedua garis) dinamakan titik sudut. Satuan besar sudut adalah derajat
dan dilambangkan dengan ̊ , misalnya, suatu sudut memiliki besar 120 derajat,
besar sudut tersebut dapat dituliskan menjadi 120 ̊.
Perhatikan gambar berikut ini.
2. Jenis-Jenis
Sudut
a. Sudut Lancip
Sudut lancip adalah
sudut yang besarnya antara 0 ̊ sampai 90 ̊ (0 ̊ < sudut lancip <90 ̊).
Sudut lancip ABC terbentuk dari kaki sudut AB dan kaki sudut BC seperti pada
gambar berikut.
b. Sudut Siku-Siku
Sudut siku-siku ABC
dibentuk oleh garis tegak AB dan garis mendatar BC. Dapat kita simpulkan bahwa
sudut siku-siku dibentuk oleh dua garis yang saling tegak lurus sehingga
besarnya 90. Perhatikan gambar dibawah ini.
c. Sudut Tumpul
Sudut tumpul adalah
sudut yang besarnya antara 90 ̊ - 180 ̊ (90 ̊ < sudut tumpul < 180 ̊).
Berikut ini contoh sudut tumpul.
d. Sudut Lurus
Sudut lurus adalah
sudut yang dibentuk oleh perputaran sebesar setengah lingkaran. Besarnya sudut
lurus adalah 180 ̊.
e. Sudut refleks
Sudut refleks
adalah sudut yang memiliki ukuran antara 180 ̊ sampai 360 ̊.
f. Sudut Perigon
Sudut perigon
adalah sudut yang memiliki ukuran tepat 360 ̊.
Komentar
Posting Komentar