Tema 9 Subtema 2 PB 5 dan Matematika



Senin, 23 Maret 2020

Tema 9 Subtema 2 PB 5

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.

Materi Pembelajaran
Menyanyikan Lagu Sesuai dengan Tempo dan Tinggi Rendah Nada
Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pendalaman Materi

Menyanyikan Lagu Sesuai dengan Tempo dan Tinggi Rendah Nada
Apalah kamu pernah menyanyikan atau mendengarkan lagu yang bertemakan lingkungan asri? Tahukan kamu lagu “Memandang Alam”? Lagu tersebut bercerita tentang pemandangan alam yang sangat indah dan menceritakan lingkungan yang asri. Saat menyanyikannya, kamu juga harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Ayo, ingat kembali nada dalam not balok. Ucapkan sesuai dengan urutan yang tepat. 



Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Masih ingatkah kamu bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah? Sumber daya alam tersebut dapat menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, dan hasil tambang.  Sumber daya alam kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, hasil pertanian berupa padi, jagung dan kacang-kacangan dimanfaatkan sebagai bahan makanan, hasil perkebunan berupa kopi dimanfaatkan sebagai bahan minuman dan tebu sebagai bahan pembuatan gula pasir; serta hasil peternakan berupa daging, telur, dan susu dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani.

Latihan! 

1.      Mari dengarkan lagu “Memandang Alam” dengan mengklik link dibawah ini, https://www.youtube.com/watch?v=p9bv-D4LqWk kemudian jawablah pertanyan berikut.
a. Bagaimana tempo lagu “Memandang Alam”?
b. Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada tinggi dan nada rendah?

2. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tersedia dalam kotak!
a. Sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk bahan makanan pokok adalah ...
b. Sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan adalah ...
c. Sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk bahan bakar adalah ...
d. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui yang dimanfaatkan untuk bahan perhiasan adalah ...
e. Grafit merupakan contoh hasil tambang yang dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan ...
Mutiara
Pensil
jagung
Lengkuas
Batu bara

3. Tuliskan sumber daya alam (SDA) yang diperoleh dari lingkungan berikut beserta pemanfaatannya! 







No.
Hasil SDA
Pemanfaatan
A.   


B.      


C.      

 





MATEMATIKA

Pengukuran Sudut

A. Sudut
1. Pengertian Sudut
Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua buah garis yang memiliki pangkal sama. Kedua garis tersebut dinamakan kaki sudut, sedangkan pangkal (titik pertemuan kedua garis) dinamakan titik sudut. Satuan besar sudut adalah derajat dan dilambangkan dengan ̊ , misalnya, suatu sudut memiliki besar 120 derajat, besar sudut tersebut dapat dituliskan menjadi 120 ̊.
Perhatikan gambar berikut ini.





2. Jenis-Jenis Sudut 
a. Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang besarnya antara 0 ̊ sampai 90 ̊ (0 ̊ < sudut lancip <90 ̊). Sudut lancip ABC terbentuk dari kaki sudut AB dan kaki sudut BC seperti pada gambar berikut.



b. Sudut Siku-Siku
Sudut siku-siku ABC dibentuk oleh garis tegak AB dan garis mendatar BC. Dapat kita simpulkan bahwa sudut siku-siku dibentuk oleh dua garis yang saling tegak lurus sehingga besarnya 90. Perhatikan gambar dibawah ini.
 





c. Sudut Tumpul
Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya antara 90 ̊ - 180 ̊ (90 ̊ < sudut tumpul < 180 ̊). Berikut ini contoh sudut tumpul. 


d. Sudut Lurus
Sudut lurus adalah sudut yang dibentuk oleh perputaran sebesar setengah lingkaran. Besarnya sudut lurus adalah 180 ̊.




e. Sudut refleks
Sudut refleks adalah sudut yang memiliki ukuran antara 180 ̊ sampai 360 ̊. 


f. Sudut Perigon
Sudut perigon adalah sudut yang memiliki ukuran tepat 360 ̊. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Tema Persiapan PAS Tema 5

Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5

Tema 2 Subtema 2 PB 1 (Senin, 24 Agustus 2020)