Tema 9 Subtema 2 PB 1
Tema 9 Subtema 2 PB
1
Tujuan Pembelajaran
:
1.
Dengan
membaca dan mengamati benda-benda di lingkungan sekitar, siswa mampu
mengidentifikasi pemanfaatan dan perubahan bentuk energi.
2.
Dengan
membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui jenis sumber daya alam dan
pemanfaatannya dengan penuh tanggung awab.
3.
Dengan
mengamati gambar peta, siswa mengetahui jenis dan persebaran tentang jenis dan
persebaran sumber daya alam di Indonesia dengan penuh kepedulian.
4.
Dengan
berdiskusi, siswa dapat mengetahui tentang pemanfaatan sumber daya alam di
Indonesia dengan penuh percaya diri.
5.
Dengan
melakukan wawancara, siswa mengetahui tentang sumber daya alam di sekitarnya
dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
Pemanfaatan dan
Perubahan Bentuk Energi
Persebaran Sumber
Daya Alam di Indonesia
Membuat Laporan
Hasil Wawancara
Pendalaman Materi
Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi
Indonesia memiliki
kekayaan alam yang cukup melimpah, salah satunya sumber energi. Sinar matahari,
arus sungai, minyak bumi, dan gas alam merupakan sumebr energi yang
dimanfaatkan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas tersebut
membutuhkan energi. Energi merupakan
kemampuan untuk melakukan usaha. Energi dapat berubah bentuk. Perubahan bentuk
energi inilah yang dimanfaatkan oleh manusia.
Berikut adalah contoh perubahan
energi dan pemanfaatannya yang ada di sekitar kita.
Energi listrik yang
dialirkan akan memanaskan lempeng logam pada setrika sehingga setrika dapat
digunakan untuk merapikan pakaian.
Energi kimia dari
baterai membuat remot televisi dapat digunakan untuk menghidupkan televisi.
Energi sinar
matahari dimanfaatkan oleh panel surya dan diubah menjadi energi listrik. Energi
listrik tersebut digunakan untuk menyalakan peralatan listrik di rumah.
Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
Seluruh wilayah
indonesia memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam. Sumber Daya Alam (SDA)
merupakan kekayaan alam yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk memenuhi
kebutuhan hidup masyarakat. Sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu :
1.
SDA yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya tidak terbatas dan
dapat dimanfaatkan terus-menerus. Misalnya air, angin, tumbuhan, hewan dan
sinar matahari.
2.
SDA yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan
apabila telah habis dipakai, membutuhkan waktu lama untuk menyediakan kembali.
Di
bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat
diperbarui.
Sumber Daya Alam Bukan Logam
|
Sumber Daya Alam Logam
|
Sumber Daya Alam Industri
|
Aspal
Batu bara
Minyak bumi
Gas Alam
|
Emas
Perak
Mangan
Nikel
Pasir Besi
Platina
Timbal
|
Berlian
Belerang
Fosfat
Gamping
Batu Kapur
Yodium
Asbes
|
Masyarakat memanfaatkan
sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya. Sumebr daya alam berupa
tumbuh-tumbuhan dimanfaatkan dalam kegiatan pertanian dan perkebunan. Kegiatan peternakan
memanfaatkan sumber daya alam berupa hewan. Sedangkan hasil tambang berupa batu
bara dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Sumber daya alam yang kita
miliki tersebar di seluruh pulau-pulau dan laut di Indonesia. Persebaran sumber
daya alam ini tidak merata. Hal ini disebabkan ada daerah yang memiliki sumber
daya alam melimpah, ada juga yang memiliki sedikit sumber daya alam.
Perhatikan
peta persebaran sumber daya alam berikut beserta daerah industrinya.
Membuat Laporan Hasil Wawancara
Apakah di sekitar
lingkungan rumahmu terdapat kegiatan pemanfaatan sumber daya alam? Kamu dapat
mengetahuinya dengan mencari informasi mengenai pemanfaatan tersebut melalui
kegiatan wawancara. Saat melakukan wawancara, kamu dapat bertanya tentang
sumber daya alam yang dimanfaatkan serta cara pemanfaatannya. Ketika melakukan
wawancara, ajukan pertanyaan dengan bahasa yang santun. Catatlah hasil
wawancara, kemudian tuliskan dalam sebuah laporan.
Berikut adalah
langkah-langkah membuat laporan wawancara.
1.
Menuliskan
topik wawancara, narasumber, pewawancara serta waktu dan tempat wawancara
2.
Menuliskan
daftar pertanyaan yang diajukan beserta jawabannya. Saat menuliskan jawaban,
kita dilarang untuk mengubah isi jawaban dari narasumber
3.
Menuliskan
kesimpulan dari hasil wawancara. Kesimpulan mencakup hal penting dari pembicaraan,
kritik, dan saran terkait topik wawancara.
Komentar
Posting Komentar