Tema 9 Subtema 2 PB 1



Tema 9 Subtema 2 PB 1

Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan membaca dan mengamati benda-benda di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan dan perubahan bentuk energi.
2.      Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan penuh tanggung awab.
3.      Dengan mengamati gambar peta, siswa mengetahui jenis dan persebaran tentang jenis dan persebaran sumber daya alam di Indonesia dengan penuh kepedulian.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat mengetahui tentang pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia dengan penuh percaya diri.
5.      Dengan melakukan wawancara, siswa mengetahui tentang sumber daya alam di sekitarnya dengan penuh percaya diri.

Materi Pembelajaran :
Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi
Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
Membuat Laporan Hasil Wawancara

Pendalaman Materi 

Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi
Indonesia memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah, salah satunya sumber energi. Sinar matahari, arus sungai, minyak bumi, dan gas alam merupakan sumebr energi yang dimanfaatkan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas tersebut membutuhkan energi. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi dapat berubah bentuk. Perubahan bentuk energi inilah yang dimanfaatkan oleh manusia. 
Berikut adalah contoh perubahan energi dan pemanfaatannya yang ada di sekitar kita. 


Energi listrik yang dialirkan akan memanaskan lempeng logam pada setrika sehingga setrika dapat digunakan untuk merapikan pakaian.











Energi kimia dari baterai membuat remot televisi dapat digunakan untuk menghidupkan televisi.
 



 
Energi sinar matahari dimanfaatkan oleh panel surya dan diubah menjadi energi listrik. Energi listrik tersebut digunakan untuk menyalakan peralatan listrik di rumah.





 
Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
Seluruh wilayah indonesia memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam. Sumber Daya Alam (SDA) merupakan kekayaan alam yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu :
1.      SDA yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya tidak terbatas dan dapat dimanfaatkan terus-menerus. Misalnya air, angin, tumbuhan, hewan dan sinar matahari.
2.      SDA yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan apabila telah habis dipakai, membutuhkan waktu lama untuk menyediakan kembali.
Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam Bukan Logam
Sumber Daya Alam Logam
Sumber Daya Alam Industri
Aspal
Batu bara
Minyak bumi
Gas Alam
Emas
Perak
Mangan
Nikel
Pasir Besi
Platina
Timbal
Berlian
Belerang
Fosfat
Gamping
Batu Kapur
Yodium
Asbes

Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya. Sumebr daya alam berupa tumbuh-tumbuhan dimanfaatkan dalam kegiatan pertanian dan perkebunan. Kegiatan peternakan memanfaatkan sumber daya alam berupa hewan. Sedangkan hasil tambang berupa batu bara dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Sumber daya alam yang kita miliki tersebar di seluruh pulau-pulau dan laut di Indonesia. Persebaran sumber daya alam ini tidak merata. Hal ini disebabkan ada daerah yang memiliki sumber daya alam melimpah, ada juga yang memiliki sedikit sumber daya alam. 
Perhatikan peta persebaran sumber daya alam berikut beserta daerah industrinya. 

Membuat Laporan Hasil Wawancara 

Apakah di sekitar lingkungan rumahmu terdapat kegiatan pemanfaatan sumber daya alam? Kamu dapat mengetahuinya dengan mencari informasi mengenai pemanfaatan tersebut melalui kegiatan wawancara. Saat melakukan wawancara, kamu dapat bertanya tentang sumber daya alam yang dimanfaatkan serta cara pemanfaatannya. Ketika melakukan wawancara, ajukan pertanyaan dengan bahasa yang santun. Catatlah hasil wawancara, kemudian tuliskan dalam sebuah laporan.

Berikut adalah langkah-langkah membuat laporan wawancara.
1.      Menuliskan topik wawancara, narasumber, pewawancara serta waktu dan tempat wawancara
2.      Menuliskan daftar pertanyaan yang diajukan beserta jawabannya. Saat menuliskan jawaban, kita dilarang untuk mengubah isi jawaban dari narasumber
3.      Menuliskan kesimpulan dari hasil wawancara. Kesimpulan mencakup hal penting dari pembicaraan, kritik, dan saran terkait topik wawancara.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Tema Persiapan PAS Tema 5

Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5

Tema 2 Subtema 2 PB 1 (Senin, 24 Agustus 2020)