Tema 8 Subtema 3 PB 3

Rabu, 4 Maret 2020
Tema 8 Subtema 3 PB 3

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mencermati tokoh-tokoh dalam cerita fiksi dan mengidentifikasi peran tokoh dan hikmah dari cerita tersebut.
2. Dengan kegiatan berdiskusi mengenai tokoh-tokoh dalam cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh utama, tokoh pembantu/tambahan, tokoh protagonis, dan tokoh antagonis dari cerita fiksi.
3. Dengan kegiatan berdiskusi mengenai keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui sikap untuk menghadapi perbedaan karakteristik antarteman dan manfaat yang diperoleh.
4. Dengan kegiatan melakukan pengamatan jenis pekerjaan masyarakat di lingkungan tempat tinggal siswa, siswa dapat mengelompokkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jenis-jenis perkerjaan yang menghasilkan jasa.

Materi Pembelajaran :

Mengelompokkan Tokoh dalam Teks Nonfiksi

Teks nonfiksi memiliki tokoh utama dan tokoh tambahan. Di dalam cerita, tokoh utama dapat dikelompokkan menjadi tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang selalu ada di sepanjang cerita dan mempengaruhi alur cerita, sedangkan tokoh antagonis adalah tokoh lawan main dari tokoh protagonis. Umumnya, tokoh antagonis berperan sebagai sahabat, hewan peliharaan, atau musuh dari tokoh protagonis. Akan tetapi, kemunculannya didalam cerita tidak sesering tokoh protagonis. Sementara itu, tokoh tambahan hanya sesekali muncul di dalam cerita. Tokoh tambahan tidak mengubah alur cerita dan hanya menjadi pendukung dalam cerita. Kemunculannya pun lebih jarang dibandingkan dengan tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

Sikap terhadap Perbedaan Karakteristik Individu

Masyarakat Indonesia memiliki karakteristik yang beragam. Kita pasti memiliki tetangga berlainan suku bangsa. Setiap suku mempunyai karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda. Namun, perbedaan karakter ini bukan penghalang terciptanya persatuan dan kesatuan.
Upaya yang dapat kita lakukan terhadap perbedaan karakter antara lain, tidak menjelekkan suku bangsa lain, bertutur kata yang ramah dan sopan, berteman dengan semua tetangga tanpa membedakan suku bangsa, serta menghargai kebiasaan mereka. Manfaat dari hadirnya perbedaan karakter antara lain tercipta kerukunan antarsesama, menambah wawasan keanekaragaman suku bangsa dan adat istiadat, serta menumbuhkan rasa persatuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengelompokkan jenis-Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan yang ada di masyarakat beragam. Namun, pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan pekerjaan yang memproduksi berbagai benda yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya, petani yang menghasilkan padi serta pembuat mebel yang menghasilkan berbagai peralatan rumah tangga berupa kursi dan meja.

Pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan pekerjaan yang tidak menghasilkan barang, melainkan menghasilkan jasa yang dapat dinikmati oleh orang lain. Misalnya, jasa kuli bangunan. Saat memperbaiki rumah, kita memerlukan bantuan ahli bangunan. Ahli bangunan akan menggunakan jasanya untuk membantu memperbaiki rumah kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 2 PB 1 (Senin, 24 Agustus 2020)

Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5

Latihan Tema Persiapan PAS Tema 5