Tema 9 Subtema 1 PB 4 dan 5

Kamis, 12 Maret 2020

Tema 9 Subtema 1 PB 4 dan 5

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan pengamatan dan observasi, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui akibat jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan.
4. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan manusia dengan penuh kepedulian.
5. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.

Materi Pembelajaran :

Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber energi. Salah satu sumber energi tersebut adalah laut. Indonesia memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri atas laut. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari laut, misalnya membangkitkan listrik, sumber garam, sumber makanan (udang, cumi-cumi, ikan), san tempat penelitian. Semua warga negara berhak untuk menikmati sumber energi laut.
Berikut cara menjaga sumber energi laut agar tetap lestari:
1. tidak menggunakan bahan peledak, pukat harimau, atau racun saat menangkap ikan.
2. mengganti penggunaan kemasan berbahan dasar plastik dengan bahan  mudah terurai di lingkungan,
3. mengurangi penangkapan hewan laut secara berlebihan,
4. ikut serta dalam merawat kebersihan laut dan pantai, dan
5. menanam tanaman bakau di sekitar pantai.

Menjelaskan Tugas Wawancara

1. Sebelum wawancara
a. Wartawan menghubungi narasumber dan membuat agenda pertemuan untuk wawancara.
b. Wartawan membuat daftar pertanyaan sesuai tema.
c. Juru kamera menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat wawancara.
2. Saat wawancara
a. wartawan memperkenalkan diri sekaligus mengemukakan maksud dan tujuan wawancara.
b. wartawan mengajukan pertanyaan sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya. Pada waktu mengajukan pertanyaan dilakukan secara jelas, teratur dan santun.
c. Wartawan mencatat semua informasi yang diberikan oleh narasumber. Saat mengakhiri wawancara, wartawan mengakhiri wawancara dengan kesan yang baik dan mengucapkan terima kasih.
d. Juru kamera merekam gambar narasumber untuk dokumentasi.
3. Setelah wawancara
a. Wartawan merangkum informasi yang telah diberikan oleh narasumber dalam bentuk tulisan. Rangkuman dan kesimpulan tersebut dapat berupa berita atau artikel yang akan diterbitkan oleh media, seperti koran atau majalah.
b. Saat membuat berita, wartawan harus menulis sesuai dengan informasi yang diberikan oleh narasumber dan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami.

Menyanyikan Lagu Sesuai Tempo dan Tinggi Rendah Nada


Tempo merupakan cepat atau lambatnya lagu saat dinyanyikan, sedangkan nada adalah bunyi yang teratur saat dinyanyikan. Saat bernyanyi, kita juga dapat melengkapinya dengan musik ritmis. Musik ritmis terbentuk dari berbagai bunyi alat musik ritmis/tak bernada. Bunyi-bunyian tersebut bersatu menjadi sebuah irama. Selain dari alat musik ritmis, musik ritmis juga dapat berasal dari bunyi-bunyiqn berbagai benda yang berirama dan selaras. Misalnya, tepuk tangan, bunyi kaleng dipukul, batu diadu, derap kaki dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Tema Persiapan PAS Tema 5

Tema 8 Subtema 2 PB 4 dan 5

Tema 2 Subtema 2 PB 1 (Senin, 24 Agustus 2020)