Tema 8 Subtema 3 PB 6
Jumat, 6 Maret 2020
Tema 8 Subtema 3 PB 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan mengamati gambar berbagai karya tiga dimensi, siswa dapat mengenal berbagai karya tiga dimensi dan membuat gambar rancangan karya tiga dimensi.
2. Dengan kegiatan mencoba membuat karya tiga dimensi, siswa dapat membentuk karya tiga dimensi.
3. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam sebuah cerita fiksi.
4. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menirukan peran tokoh dalam suatu cerita.
Materi Pembejaran :
Membuat Rancangan Karya Tiga Dimensi
Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah mengenal langkah membuat sketsa gambar tiga dimensi. Sketsa memudahkan kita dalam menggambar karya tiga dimensi. Setelah membuat sketsa, kita dapat menyempurnakan karya tiga dimensi tersebut. Sketsa karya tiga dimensi dapat kita wujudkan seperti benda aslinya. Kita dapat membayangkan benda tiga dimensi yang akan dibuat dengan melihat gambar.
Benda tiga dimensi juga dapat disebut karya seni rupa. Teknik membuat karya seni rupa ada tiga, yaitu membentuk, mencetak, mencungkil, dan menempel. Kali ini, kita akan membuat karya seni tiga dimensi dengan teknik membentuk. Teknik ini dilakukan dengan cara menekan bahan lunak, seperti tanah liat atau plastisin. Untuk membuatnya, kita cukup menggunakan tangan untuk membuat benda lunak sesuai keinginan. Kita juga dapat menggunakan alat seperti sudip.
Menyampaikan Hasil Identifikasi Tokoh pada Teks Fiksi
Penokohan yang terdapat pada teks fiksi yaitu protagonis, antagonis dan tokoh tambahan. Setiap tokoh memiliki watak yang sama ataupun berbeda. Para tokoh teks fiksi berupa fabel juga memiliki peran dan watak. Misalnya, dalam cerita Si Kancil dan Buaya, Kancil berperan sebagai tokoh protagonis yang berwatak cerdik. Peran dan watak tersebut dapat kita ketahui dan sampaikan dengan cara menulisnya di kertas terpisah.
Komentar
Posting Komentar