KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER TEMA 6
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Nama Sekolah : SD AL AZHAR BANDAR LAMPUNG
Kelas / Semester : IV / 2
Tema 6 : CITA-CITAKU
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
BENTUK SOAL
|
SOAL
|
JAWABAN
|
NO SOAL
|
SKOR
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
| ||||||
3.3. Menejelaskanmanfaatkeberagamanakarakteristikindividudalamkehidupansehari-hari
|
Keberagamanrasdansukubangsa di Indonesia
|
PG
|
Memperoleh pendidikan merupakan …. Setiap warga Negara.
a. tanggungjawab c. hak
b.kewajiban d. keharusan
|
c
|
1
|
1
|
PG
|
Dalam masyarakat terdiri atas warga masyarakat yang memiliki kegiatan dan mata pencaharian yang beragam. Mereka saling bekerjasamadan….
a. Saling membutuhkan
b. Saling mengritik
c. Saling berkompetisi
d. Saling menjatuhkan
|
a
|
2
|
1
| ||
PG
|
Sesuatu yang kita harapkan di masa yang akan dating disebut ….
a. khayalan
b. bayangan
c. cita-cita
d. imajinasi
|
c
|
3
|
1
| ||
PG
|
Warga masyarakat harus menghormati saat umat agama lain merayakan hari keagamaannya. Berikut bukan hari keagamaan umat islam adalah ….
a.Idul Adha b.Maulid Nabi c. Paskah d.Isra Mikraj
|
c
|
4
|
1
| ||
PG
|
Dalam mewujudkan suatu cita-cita atau keinginan dibutuhkan …. dengan pihak lain
a. sanjungan
b. harapan
c. ucapanselamat
d. kerjasama
|
d
|
5
|
1
| ||
Keberagaman agama di Indonesia
|
PG
|
Keberagaman dalam agama yang di anut masyarakat, ditunjukkan dengan adanya kerukunan dan toleransi. Dengan demikian dapat tercipta … dalam bangsa kita.
a. persatuan
b. kekacauan
c. kemegahan
d. kerusuhan
|
a
|
6
|
1
| |
PG
|
Dalam bergaul tidak boleh membedakan agama, ras, dan suku karena belum mengamalkan nilai-nilai dalam sila .... Pancasila.
a. lima c. tiga
b. empat d. dua
|
c
|
7
|
1
| ||
Toleransisebagaaiwujudpengamalanpancasila
|
PG
|
Meskipun Siti dan Martha berbeda agama, namunmerekatetap …. Dalam mengerjakan tugas kelompok.
a. bersaing c. menolak
b. bekerjasama d. kurangberminat
|
b
|
8
|
1
| |
Keberagaman agama di Indonesia
|
ISIAN
|
Simbol-simbol silaPancasila terdapat pada perisai yang dikalungkan pada lambang Garuda Pancasila, Perisai melambangkan …. Indonesia.
|
Pertahanan
|
1
|
2
| |
Pentingnyasalingmenghormatiantarmanusia
|
ISIAN
|
Kita tidak boleh membeda-bedakan cara bergaul hanya karena ras, suku, dan agama, termasuk dalam silaPancasila ke…..
|
Pertama
|
2
|
2
| |
BAHASA INDONESIA
| ||||||
3.6. Menejelaskanmanfaatkeberagamanakarakteristikindividudalamkehidupansehari-hari
|
Mengidentifikasiciri-ciripuisi
|
PG
|
Perhatikan puisi berikut!
Sekolahku
Karya: D. Karitas
Sekolah Dasar Negeri Nol Delapan
Berada di samping lapangan
Diantara rimbun pepohonan
Tempat belajar yang nyaman
Bersama ……
Untukmeraihcita-cita
Baris di atas bias dilengkap idengan kata-kata ….
a. Bapak ibu guru c. ayah bunda
b. kawan-kawan d.keluarga
|
b
|
9
|
1
|
Memahamimakna yang terkandungdalamsebuahpuisi
|
PG
|
Kata cita-cita bermakna. . .
a. keinginan, harapan. c. hadiah
b. tugas d. pemberian
|
a
|
10
|
1
| |
Mengidentifikasiciri-ciripuisi
|
PG
|
Untuk memperoleh berbagai informasi tentang suatu peristiwa, maka dapat dilakukan…
a. membuat kesimpulan
b. wawancaradengan orang yang memahami hal tersebut
c. mencari bacaan
d. membuat laporan
|
b
|
11
|
1
| |
PG
|
Pemenggalan dalam pembacaan puisi disebut ….
a. frase c. intonasi
b. jeda d.lafal
|
b
|
12
|
1
| ||
PG
|
Berikut ini yang sebaiknya dilakukan sebelum menulis puisi adalah...
a. membuat gambar
b. menentukan tema
c. menentukan makna
d. mencari makna kata sulit
|
b
|
13
|
1
| ||
Memahamimakna yang terkandungdalamsebuahpuisi
|
PG
|
Salah satucarauntukmembedakanmaknapuisiadalahdengancara ....
a. member penekanan pada saa tmendeklamasikannya
b. memberikan tambahan gerakan yang dramasir
c. membaca secara lirih pada kata-kata tertentu
d. memberhentikan pembacaan sesaat sebelum membaca bagian bermaknanya
|
a
|
14
|
1
| |
Mendeklamasikanpuisi
|
PG
|
Perhatikanpuisiberikut !
Cita- Citaku
( KaryaFrida )
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuangilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Takkan lelah aku mencari ilmu
Takakan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku
a. satu b. dua c. tiga d. empat
|
b
|
15
|
1
| |
PG
|
Rima akhir pada bait pertama memiliki pola…
a. a-b-a-b b. a-a-a-a c. a-a-b-b d. a-b-b-a
|
a
|
16
|
1
| ||
Memahamimakna yang terkandungdalamsebuahpuisi
|
ISIAN
|
Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata disebut...
Cara membacapuisitanpamembacateksdisebut …
|
Baris
Deklamasi
|
3
4
|
2
2
| |
ILMU PENGETAHUAN ALAM
| ||||||
3.2. Membedakan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
|
Metamorfosis
|
PG
|
Dibawah ini adalah termasuk fase daur hidup hewan…..
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
Daur hidup hewan tersebut terjadi pada . . . . .
a. lalat b. kupu-kupu c. nyamuk d. kecoa
Proses perubahan bentuk makhluk hidup dari larva sampai bentuk dewasa yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh disebut…
a. metamorfosis sempurna b. metamorfosis c. metamorfosis tidak sempurna d. daur hidup
|
b
c
|
17
18
|
1
1
|
PG
|
Tahapan metamorfosis pada kupu-kupu yang ke tiga adalah …
a. Telur
b. Larva
c. Pupa
d. Kepompong
|
d
|
19
|
1
| ||
PG
|
Perhatikan gambar berikut.
![]()
Pada gambar tersebut, tahapan yang merugikan petani ditunjukkan oleh nomor . . . . . .
a. 3 b. 2 c. 1 d.4
|
b
|
20
|
1
| ||
PG
|
Di bawah ini adalah hewan yang perkembangbiakannya dengan cara bertelur kecuali?
a. Nyamuk
b. Tikus
c. Cicak
d. Ikan lele
|
b
|
21
|
1
| ||
PG
|
Daur hidup hewan yang tidak mengalami perubahan adalah…
a. Katak
b. Nyamuk
c. Kumbang
d. Tikus
|
d
|
22
|
1
| ||
Jenis-jenis sumber daya alam
|
PG
|
Hewan dan tumbuhan sebagai bahan sandang atau pakaian seperti berikut kecuali….
a. Ulat sutra
b. Pohon kapas
c. Pohon pinang
d. Biri -biri
|
c
|
23
|
1
| |
PG
|
Bahan baku pembuatan kertas adalah ….
a. Kelapa sawit
b. Kayu
c. Karet
d. Tembakau
|
b
|
24
|
1
| ||
Daur hidup/ siklus hidupa beberapa jenis hewan
|
ISIAN
|
Perubahan bentuk tubuh pada hewan selama siklus hidup disebut …
|
metamorfosis
|
5
|
2
| |
Metamorfosis
|
ISIAN
|
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.contohnya adalah….
|
Kupu-upu, katak, nyamuk
|
6
|
2
| |
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
| ||||||
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA untuk kesejahteraan masyarakat daritingkat kota/ kabupaten sampai ting at provinsi
|
Berbagai jenis pekerjaan berdasar letak geografis
|
PG
|
Sebagian besar penduduk Indonesia bermatapencaharian sebagai petani,karena Indonesia adalah negara….
a. Agraris
b. Perdagangan
c. Nelayan
d. Karyawan
|
a
|
25
|
1
|
Pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak
|
PG
|
Tumbuhan dan hewan merupakan contoh sumber daya alam...
a. Tidak dapat diperbaharui
b. Nonhayati
c. Dapat diperbaharui
d. Tambang
|
c
|
26
|
1
| |
PG
|
Salah satu contoh pemanfaatan Tumbuhan adalah....
a. Bahan baku industri
b. Sebagai bahan makanan
c. Membantu pekerjaan manusia
d. Sumber tenaga pembangkit listrik
|
b
|
27
|
1
| ||
PG
|
SDA di bawah ini yang dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan industri adalah ..
a. Kulit hewan dan kapas
b. Sapi dan beras
c. Jahe dan cacing
d. Mahoni dan kumis kucing
|
a
|
28
|
1
| ||
PG
|
Tanaman jagung dan beras dimanfaatkan manusia sebagai. . . . . .
a. Sebagai bahan obat
b. Sebagai bahan makanan
c. Sebagai bahan bangunan
d. Sebagai bahan minuman
|
b
|
29
|
1
| ||
Pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak
|
PG
|
Contoh dari pemanfaatan jahe dan kunyit adalah…..
a. Perabotan rumah tangga
b. Bahan dasar pakaian
c. Bahan bakar kendaraan
d. Bahan dasar obat dan bumbu masakan
|
d
|
30
|
1
| |
PG
|
Perhatikan rumah adat di bawah ini!
![]() ![]() ![]()
Nama rumah adat dan asal daerah pada gambar di atas adalah . . . . .
a. Rumah Honai dari Papua c. Rumah Tongkonan dari Sulawesi Selatan
b. Candi bentar / Natah dari Bali d. Rumah Baileo dari Maluku
|
a
|
31
|
1
| ||
Berbagai jenis pekerjaan berdasar letak geografis
|
PG
|
Perhatikan gambar di bawah ini!
![]()
Nama dan asal tari daerah pada gambar di atas adalah . . . . . .
a. Tari Gending Sriwijaya dari Palembang c. Tari Pendet dari Bali
b. Tari Bidadari dari Maluku d. Tari Saman dari Aceh
|
a
|
32
|
1
| |
Pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak
|
ISIAN
|
Ternak Kuda merupakan hasil ternak yang banyak terdapat di pulau …
|
NTT, Sumatera barat
|
7
|
2
| |
ISIAN
|
Pasir kuarsa adalah bahan baku pembuatan ....
|
Kaca
|
8
|
2
| ||
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
| ||||||
3.2. Memahami keberagaman sosial, ekonomi, budaya. Etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa indonesia
|
Lagu daerah
|
PG
|
Lagu Cangget berasal didaerah.
a. lampung c. d. Jawa Tengah b. Papua d. Sumatra |
a
|
33
|
1
|
Tempo lagu saat dinyanyikan
|
PG
|
Jika sebuah lagu memiliki tempo allegro, maka lagu tersebut harus dinyanyikan dengan tempo …
a. Cepat c. sedang
b. Lambat d. sangat cepat
|
a
|
34
|
1
| |
PG
|
Tanda tempo lagu yang dinyanyikan lambat yaitu …
a. Allegro c. adagio
b. Largo d. andante
|
c
|
35
|
1
| ||
3.3. Memahami dasar-dasar gerak tari daerah
|
Tari daerah
|
PG
|
Tari kecak terdapat di daerah.
a. lampung c. Riau b. Bali d. Sumatera |
b
|
36
|
1
|
PG
|
Tarian khas daerah Lampung disebut.
a. Bedana b. Serimpi c. Saman d. Mentawai |
a
|
37
|
1
| ||
PG
|
Tari saman berasal dari daerah …
a. Sumatera selatan c. Aceh
b. Sumatera utara d. Padang
|
c
|
38
|
1
| ||
3.4. Memahami karya seni rupa teknik tempel
|
Karya seni teknik temple
|
PG
|
Kolase merupakan gambar yang dibuat dengan cara …
a. Menjahit c. mewarna
b. Menghias d. menempel
|
d
|
39
|
1
|
PG
|
Bahan yang dianggap kurang aman untuk membuat gambar dengan cara menempel seperti …
a. batu-batuan c. biji-bijian
b. kaca d. kertas
|
b
|
40
|
1
| ||
Karya seni teknik temple
|
ISIAN
|
Lagu Bubuy Bulan terdapatdari daerah …
|
Jawa Barat
|
9
|
2
| |
ISIAN
|
Teknik kolase, montase, dan mozaik dapat menggunakan media …
|
kertas
|
10
|
2
|
Bandar Lampung, Februari 2019
Mengetahui,
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung Koordinator Kelas IV
Hj. Sri Margiyani, S.Pd. Risma Elawati, S.Pd.
NIP. 19601103 198203 2 00 5
Komentar
Posting Komentar