Tema 7 Subtema 2 PB 4 dan 5
Tema 7 Subtema 2 PB 4 dan 5
Kamis, 6 Febuari 2020
Tujuan Pembelajaran :
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan nama, keunikan
dan penggunaan pakaian adat yang ada didaerah mereka tinggal dan cara
melestarikan pakaian adat di Indonesia dengan rinci.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan
pokok dan informasi baru dalam teks bacaan dengan benar.
3. Setelah melihat peragaan tari, siswa dapat menjelaskan
gerakan tangan, kaki dan kepala saat menari dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
Keragaman pakaian adat di
Indonesia dan Cara Melestarikannya
Setiap provinsi di Indonesia
memiliki pakaian adat. Pakaian adat disesuaikan dengan kondisi alam dan sosial
masyarakatnya. Pakaian adat biasanya digunakan pada acara-acara tertentu,
seperti pesta adat pernikahan. Pakaian adat umumnya terdiri atas baju, celana,
penutup kepala, perhiasan, dan juga senjata tradisional. Setiap provinsi
memiliki pakaian adat dengan ciri khasnya masing-masing.
Berikut beberapa
contoh pakaian adat yang ada di Indonesia.
Upaya pelestarian pakaian adat
yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut.
1.
Bangga menggunakan pakaian adat, misalnya anak perempuan
mengenakan kebaya pada peringatan Hari Kartini.
2.
Mengenakan seragam batik di sekolah pada hari-hari
tertentu.
3.
Menghargai pakaian adat daerah lain.
4.
Mempromosikan keindahan pakaian adat suatu daerah ssuai
pengetahuanmu.
Mempraktikkan Gerak Dasar Tari
Daerah
Gerak dasar merupakan suatu unsur utama dalam suatu tari. Gerak dasar tari daerah meliputi gabungan dari gerak kepala, gerak tangan, gerak kaki, dan gerak badan. Bentuk gerakan setiap anggota tubuh juga beragam, yaitu gerak yang lemah lembut, gerakan mengentak, dan gerakan yang memerlukan ruang luas atau sempit. Tempo dari gerakannya pun beragam, antara lain cepat, sedang, dan lambat.
Komentar
Posting Komentar